Biaya Bangun Rumah Minimalis

desain arsitek rumah minimalis

Contoh Rumah Minimalis

Bercerita tentang biaya bangun rumah minimalis tentunya banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Sedemikian banyak hak yang berpengaruh terhadap biaya yang  membentuk sebuah harga bangun rumah minimalis tersebut mungkin tidak akan cukup kalau kita hanya bahas dalam satu artikel.

Tapi untuk memberikan pencerahan buat anda yang sedang ingin membangun disini kami akan menjelaskan beberapa hal utama yang mempengaruhi harga bangunan rumah minimalis.

Ok, mari kami jelaskan satu per satu, simak baik baik yaa..

Desain Arsitektur

Biaya membangun rumah pertama tama akan di pengaruhi oleh desain rumah itu sendiri, Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa hal dasar yang harus kita lakukan sebelum membangun rumah adalah membuat desain.

Biasanya pembuatan desain rumah orang perorangan dibantu oleh tenaga profesional yang disebut arsitek, arsiteklah yang akan memberi warna terhadap sebuah rumah.

Desain arsitektur sebuah rumah minimalis terdiri dari desain horizontal dan desain vertikal, untuk desain horizontal ini sering disebut dengan siteplan dan denah.

Denah sebuah rumah merupakan gambar yang menunjukan ukuran panjang dan lebar juga pembagian ruang termasuk alur pergerakan yang ada pada sebuah bangunan nantinya.

Jadi ketika arsitek membuat dimensi horizontal maka sebenarnya dia telah menggariskan juga secara tidak langsung besaran biaya untuk membangun rumah tersebut.

Contohnya begini, misal ada seorang arsitek membuat desain ruang tamu dengan ukuran 4x4 meter dan dikasus lain membuat ruang tamu dengan ukuran 4x6 meter tentunya dua desain tersebut akan memiliki biaya pembangunan yang berbeda nantinya.

BACA JUGA : PENTINGKAH JASA ARSITEK UNTUK MEMBANGUN RUMAH

Efektivitas luasan sebenarnya ilmu yang di dapat arsitek berdasarkan pengalaman dilapangan, semakin matang pengalamanya, maka semakin efektif pulalah desain rumah yang dibuatnya.

desain rumah minimalis modern
Contoh desain rumah minimalis modern

Lanjut ke desain vertikal arsitektur rumah minimalis.

Kenapa desain vertikal berimbas terhadap biaya bangun rumah?

Jawabanya begini, Dimensi vertikal dari bangunan merupakan elemen pembentuk biaya produksi sebuah bangunan rumah, karena perbedaan tinggi saja pun akan menghasil RAB yang berbeda pada setiap desain.

Mari kita pakai contoh, si A dan si B sama sama membangun rumah minimalis 2 lantai, tinggi lantai 1 ke lantai 2 rumah si A adalah 3 meter sedangkan punya si B 4 meter, sekarang dengan contoh tersebut anda pasti bisa menebak, akan lebih mahal mana si A atau si B dalam pembangunan rumahnya? Jawabnya pasti si B yaah..

Nah itulah tadi kenapa desain arsitektur vertikal mempengaruhi biaya bangun rumah.

Sampai sini mudah mudahan sudah faham yaa

Desain Struktur 

Lanjut ke poin ke 2 yang mempengaruhi biaya bangun rumah yaitu desain struktur yang dipakai.
Struktur sebuah rumah sebenarnya dibuat oleh konstruktor atau structure engineer, didalam bahasa teknisnya, setelah pra rancangan bangunan diselesaikan oleh arsitek maka gambar desain tersebut akan dilanjutkan dengan mengisinya dengan struktur.

rumah minimalis
Ilustrasi struktur rumah atap beton

Pertanyaanya adalah bagaimana desain struktur mempengaruhi biaya bangun rumah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda akan kami berikan beberapa contoh yang gampang dicerna, mari ikuti penjelasan dibawah ini.

Tahukah anda bahwa kondisi tanah tidak sama pada tiap lokasinya, tanah yang merupakan pendukung beban dari bangunan memiliki daya dukung berbeda beda disetiap tempat, contoh kalau anda membangun dipulau jawa yang memiliki tanah berpasir tentunya akan berbeda jika anda membangun di sumatera atau kalimantan yang memiliki tanah gambut.

Hal diatas akan membedakan pula jenis pondasi dan kedalaman yang harus diterapkan pada desain rumah, dan hal tersebut menyebabkan perbedaan biaya untuk membangunya nanti.

Contoh lain adalah Struktur untuk rangka atap misalnya, arsitek yang memakai baja ringan akan menghasilkan harga bangunan yang berbeda dengan arsitek yang menggunakan baja konvensional atau kayu.

Gampangnya gini, desain struktur untuk rumah minimalis 1 lantai akan berbeda dengan desain hunian  2 lantai, ada besaran besi tulangan, jarak dan balok kolom beton yang berbeda pada setiap desainya, Tergantung desain yang di rancang.


Desain Mekanikal

Desain mekanikal untuk rumah sebenarnya tergolong sederhana karena kebutuhan standar sebuah rumah tidak terlalu spesifik.

desain rumah minimalis
Ilustrasi mekanikal rumah minimalis

Desain mekanikal yang utama untuk sebuah rumah terdiri dari


  • Air Bersih dan Distribusinya, dimana didalamnya terdapat desain sumber air seperti sumur atau PAM, Perpipaan yang dipakai, dan Outlet outlet yang digunakan.
  • Air Kotor dan Distribusinya, untuk air kotor merupakan limbah cair rumah tangga  biasanya disalurkan melalui pipa dan kemudian berakhir di sumur resapan atau assenering drain jika suatu kawasan memilikinya. 
  •  Limbah padat dan Distribusinya, untuk memfasilitasi limbah padat rumah tangga arsitek biasanya membuat desain septictank, dimana semua kotoran padat sebuah rumah tangga akan berakhir disitu.
  • Air Hujan dan drainase kawasan, untuk mengalirkan air dari atap rumah sering dibuatkan talang dan perpipaan turun menuju ke saluran air hujan (SAH).
Semua kebutuhan diatas akan membentuk desain mekanikal untuk sebuah rumah, dan bagaimana desainnya akan membentuk harga yang berbeda beda pula.

Desain Eletrikal dan Teknologi yang dipakai

Desain eletrikal rumah minimalis dan penerapan teknologi menentuhkan harga bangun rumah karena setiap bangunan memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung konsep bangunan yang digunakan.

Misal untuk bangunan yang didesain menggunakan AC akan berbeda dengan desain tanpa AC, Pemakaian waterhitter portable listrik atau gas tentunya akan berbeda dengan rumah yang menggunakan pemanas air solar/ tenaga matahari.

Rumah dengan kebutuhan daya listrik kecil berbeda pula dengan rumah dengan daya listrik besar baik dari segi besarnya kabel dan lain lain.

Manajemen Pelaksanaan 

Untuk membangun sebuah rumah minimalis banyak sekali model manajemen pelaksanaan yang dapat diterapkan, antara lain :

  • Borong Penuh, untuk menjalankan konsep ini owner hanya butuh mencari kontraktor bangunan untuk melaksanakan semua pekerjaan, karena degan model ini kontraktor akan mengkoordinir semua kebutuhan pembangunan dari penyediaan bahan material, peralatan dan tenaga kerja.
  • Borong Sebagian, dalam pekerjaan konstruksi owner bisa memborongkan sebagian item item pekerjaan seperti pasang rangka baja ringan, pekerjaan gypsum dan lain lain, intinya adalah tidak semua item pekerjaan diborongkan.
  • Borong Tenaga, Konsep ini bisa berupa jasa borong tenaga yaitu adanya mandor borong tenaga yang bekerja dengan harga yang fix sedangkan owner hanya menyediakan bahan material.
  • Manajemen Swakelola, swakelola atau dikerjakan sendiri ini sering dilakukan oleh orang orang yang cukup memiliki waktu dan sumber daya dalam pembangunan rumah.
Apapun model manajemen yang anda pakai dalam membangun rumah minimalis tentunya akan  menghasilkan harga yang berbeda beda pula.

Lokasi Pembangunan

Hal diluar seberapa cakap kita membangun adalah lokasi pembangunan rumah, ini simpel sekali beda lokasi tentunya juga beda harga bahan material dan upah tenaga tukang, tentunya hasil akhir Biaya bangun rumah pun akan berbeda.

Contoh di Jogja biaya bangun rumah 1 lantai berkisar antara Rp.2.800.000,-/m2 dan untuk 2 lantai berkisar antara Rp.3.500.000,-/m2 angka tersebut akan berbeda dengan biaya bangun rumah di Jakarta ataupun kota kota lain di Indonesia.

   
Itulah tadi hal hal yang paling berpengaruh terhadap Biaya Bangun Rumah Minimalis, masih banyak hal lain yang sebenarnya ikut mempengaruhinya yang tidak dapat kami jelaskan disini.






Related Posts

0 comments :

Posting Komentar